Potensi Desa melalui UMKM Pangan Opak Gambir

Pertama memasuki ruangan masak opak gambir sebesar 4x 4 ini sudah bisa disimpulkan sedang berada di dapur pembuatan jajan. Aromanya yang harum khas kue dan berpadu dengan aroma rempah jahe, serta sangit yang berasal dari kompor memasaknya. Sudah mengidentikan kita berada di dapur. Ya, dapur milik Abdul Zaini ini adalah dapur kusus pembuatan opak gambir atau yang dikenal dengan opak jepit.

“Sudah lama usaha ini, sejak 1991 sampai sekarang. Dan cara pembuatannya masih sama. Manual tanpa mesin,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Kediri di dapurnya yang terletak di Dusun Bringin Desa Wonosari, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

 Zaini juga menjelaskan bila produknya ini mampu bertahan karena merupakan selera segala usia dan tergolong camilan ringan. Kini ia memiliki 3 karyawan warga setempat yang memiliki cara yang sama dalam memasak Zaini, yaitu dengan mengangkat langsung adonan opak gambir yang masih panas untuk digulung langsung dengan menggunakan kedua telapak tangannya. Ia mengakui produksi opak gambir hingga saat ini karena itulah yang membuatnya berkembang hingga saat ini, disisi lain ia juga mampu membuatnya dari pembuatan adonan hingga matang dan dijual dipasaran hingga dipamerkan melalui pameran-pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Mau pelihara ikan koi? Baca ini dulu Cara Memberi Makan Ikan Koi

Sepintas memang terlihat mudah, namun Zain mengungkapkan bila awalnya dulu juga tidak bis secepat dan selincah saat ini dalam menggulung opak gambir langsung dari Teflon cetakan. Zain melakukan produksi setiap hari sejak pagi  hingga pukul 2 siang bersama 3 karyawannya dari pembuatan adonan hingga pengemasan adonan setelah matang.

Sayangnya, ia belum memasarkan produknya secara online untuk memperluas jaringan pemasarannya. “Karena tenaganya masih terbatas, agak sulit bila menerima pesanan dalam jumlah besar dan mendadak,” terangnya. Tapi tidak menutup kemungkinan ia tetap menerima pesanan secara online, yang nantinya akan dibantu oleh anaknya dalam melakukan jual beli secara online. Produknya ini dikemas dalam plastic bening serta berlabel namanya

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>