Pembangunan Drainase yang juga berfungsi sebagai TPT

Musim hujan mulai melanda wilayah Kediri, salah satunya Desa Wonosari Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Tidak salah bila pembangunan saluran drainase menjadi sala satu prioritas musyawarah desa yang direalisasikan tahun ini.

Saluran yang terletak di Dusun Wonosari ini diakui Saifudin, Plt sekertaris desa Wonosari sbagai langkah untuk mengurangi resiko pengendara yang lewat di sepanjang jalan yang rawan dilalui aliran air berlebih ketika musim hujan. “ Ini kan dulunya tanah aja, jadi kalau nggak tertata rapi airnya tumpah. Apalagi setelah hujan deras,” ujarnya saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri. Ia juga menejlaskan bila kobangan yang wrawan berisi genangan air saat hujan tersebut akhirnya diusulkan warga setempat agar dibuat drainase sekaligus tanggul penahan tanah (TPT) dengan panjang 120.

Drainase ini terletak di dekat permukiman warga, sawah hingga lapangan olahraga milik desa, dimana juga terdapat lampu  penenrangan jalan disepanjang saluran drainase ini.

Simak nih Cara Memberi Makan Ikan Koi

Pembangunan drainase ini dilakukan oleh tim pelaksanaka kegiatan (TPK) bersamaan dengan warga setempat sebagai bentuk sistem padat karya, yang meamnfaatkan tenaga warga setempat agar lebih produtif dan menghasilkan sesuai kebutuhan warga itu sendiri. “Pembangunan ini menggunakan dana desa (DD) sejak bulan Mei hingga Juni,” beber laki-laki 49 tahun ini. Dalam pelaksanan pembangunan tidak dijumpai kendala yang menghambat kegiatan, justru warga semangat dan merespon dengan baik agar kegiatan berjalan lancar dan tidak molor.

 Saifudin mengakui bila respon warga sangat mendukung karena sudah terealisasi hasil dari musdes. Warga bisa mulai memanfaatkan dan menikmati sarana dan prasarana desa untuk aktifitas sehari-hari. Selain itu, adanya darinase ini mencegah melubernya air di jalan yang dilalui warga untuk transportasi, dari sisi keindahan kawasan ini tdak mudah becek lagi saat musim hujan melainkan lebih rapi dan bersih. “Dari sisi TPT nya juga mengurangi resiko longsor jalan ke permukaan lebih rendah,” pungkasnya seraya tersenyum. (rie)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>