Pavingisasi untuk Permudah Akses Dusun

Akses jalan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari  warga untuk trasportasi, seperti wara Desa Karangrejo Kecamatan Kandat kabupaten Kediri. Memprioritaskan akses jalan agar lebih baik dan layak dilewati dengan pavingisasi. “Proyek pavingisasi ini adalah proyek bertahap sejak 2017, dan bulan ini dilanjutkan lagi,” ujar Heri Sujoko saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri.

Proyek ini dilaksanakan setelah paving datang sesuai pesanana untuk tiga dusun. Pavingisasi ini merupakan hasil dari musyawarah desa yang disepakati warga, serta direalisasikan berdasarkan skala prioritas. Heri juga menegaskan bila pavingisasi ini dilaksanakan di tiga dusun, Dusun Tulungrejo, Karangrejo, dan Sentul.

Baca juga nih Cara Memberi Makan Ikan Koi

Pavingisasi ini dibangun dengan dikordinir oleh tim pelaksana kegiatan (TPK), yang menggunakan sistem padat karya. Dimana secara garis besar tenaga yang digunakan adalah tenaga warga setempat. Pavingisasi ini masih tahap proses di tiga dusun tersebut, untuk mempermudah akses utama setiap dusu serta akses menuju ke pertanian, masjid dan lapangan. “Sebelumnya ini masih tanah, bila musim hujan mudah becek dan licin. Makanya dipaving,” papar Heri.  Ia menjelaskan bila menggunakan paving karena meminimalisasi kerusakan seperti yang terjadi pada jalan aspal. Sehingga bila paving mengalami kerusakan, bijian paving bisa dicopot dan digantu dengan yang baru.

Setelah proses pavingisasi, respon warga  positif dan tidak lagi mengalami kesulitan saat mengakses ke sarana dan prasarana desa. Dalam proses pavingisasi tidak dijumpai banyak kendala, ibu-ibu terkadang ikut serta membuat makanan ringan atau kopi untuk pekerja pavingisasi. (rie)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>